MAINAN EDUKATIF& KREATIF

Memberikan mainan edukatif sanggat sangat diperlukan untuk anak yang masih berusia batita dan kanak-kanak. Mainan edukatif atau bersifat mendidik sangat banyak fariasinya di pasaran, misalnya berupa puzzle, mainan bongkar-pasang, wood handmade dan lai-lain, jenis mainan ini sangat membantu untuk merangsang perkembangan otak anak. Jenis permainan yang mengandung unsur-unsur kreatifitas ini telah banyak beredar di pasaran, tinggal kita sebagai orang tua yang harus selektif menentukan jenis mainan apa yang sangat cocok untuk usia dan karakteristik putra-putri kita.

Mainan yang dirancang/ di-design dengan mengutamakan safety (keamanan) dan nilai fungsi haruslah menjadi tolak ukur orang tua dalam memberikan mainan untuk putra-putrinya, karena jika tidak berhati-hati sangat banyak mainan di pasaran yang tidak memiliki safety dan tidak mengandung pembelajaran, misalnya jenis mainan tersebut dapat mengakibatkan cidera, mengandung bahan kimia berbahaya, dan rendah manfaat bahkan mainan tersebut bisa mengakibatkan pengaruh psikologis yang tidak baik bagi tumbuh kembang anak.
Perkembangan imaginasi sangat diperlukan untuk melatih daya kognitive, afektive, dan psikomotor anak. Daya ini merupakan siklus alamiah pada masa tumbuh kembang anak, maka dianggap perlu bagi kita orang tua untuk membimbingnya melalui proses pembelajaran dan pembekalan agar dapat tertanam dalam ruang fikirannya berupa pengetahuan, pengalaman, bersikap dan ber-tingkahlaku.